Elang Cyber Blog

Be Complete

Mempelajari Tentang String Variable PHP

Author : » Date : 24 November 2011 » Category : PHP » Tags : » Views : 4397 kali

variable-php

Fungsi Variable PHP digunakan untuk menyimpan nilai-nilai, seperti string teks, angka atau array. Ketika sebuah variabel php dideklarasikan, dapat digunakan berulang-ulang didalam script PHP.

Semua variabel PHP dimulai dengan simbol tanda $. Contoh penulisan variable php dalam script :

$var_name = value;

$var_name adalah perintah untuk membackup nilai nilai yang kita tentukan, sedangkan value adalah nilai yang ingin kita tentukan. Secara garis besar sebuah variable php bisa dibilang manipulasi perintah berulang, Mari kita coba 1 contoh variable php dalam kondisi yang nyata :

<html>
<head>
<title>Contoh Variable PHP</title>
</head>
<body>
<?php
$salam=”Hello World!”;
$dari=”Awp1st Live On”;
echo $salam . ‘<br/>’ . $dari;
?>
</body>
</html>

Tanda titik dalam perintah echo disebut Operator concatenation, berfungsi untuk menggabungkan dua variabel string bersamaan.

Aturan penulisan nama variable php:

Sebuah nama variable php harus dimulai dengan huruf atau underscore “_”. Sebuah nama variable php hanya dapat berisi karakter alpha-numerik dan garis bawah (az, AZ, 0-9, dan _). Sebuah nama variable php tidak boleh mengandung spasi. Jika nama variable php lebih dari satu kata, itu harus dipisahkan dengan underscore ($my_string), atau dengan kapitalisasi ($myString).

Function strlen() :

Apa itu function strlen() ? function ini berguna untuk menghitung jumplah karakter dalam value yang diletakan didalam tanda kurung strlen().

contoh strlen() dalam php :

<?php
echo strlen(“Hello world!”);
?>

Dari hasil perintah diatas akan muncul sebagai berikut:

12

intinya adalah strlen() menghitung jumlah karekter yang ditentukan didalam tanda kurung function tersebut.

Function strpos() :

Function strpos() adalah fungsi yang digunakan untuk mencari karakter/ teks dalam string. Jika kecocokan ditemukan, fungsi ini akan mengembalikan posisi karakter dari kondisi pertama. Jika tidak ada yang cocok ditemukan, maka akan kembali FALSE.

sebagai contoh:

<?php
echo strpos(“Hello world!”,”world”);
?>

Hasil dari code diatas adalah

6

Posisi dari “world” string dalam contoh di atas adalah 6. Alasan bahwa itu adalah 6 (dan bukan 7), adalah bahwa posisi karakter pertama dalam string adalah 0, dan bukan 1.

Tutorial ini berasal dari source w3schools

Belum ada Komentar.

Tinggalkan Komentar

*
*
-

*