Elang Cyber Blog

Be Complete

Pengenalan Power Supply

Author : » Date : 24 August 2012 » Category : Oprek PC » Tags : , , , » Views : 11551 kali

Power-Supply

Power Supply atau Catu Daya bisa dikatagorikan sebagai jantungnya PC / komputer, power supply berfungsi sebagai perubah arus listrik dari AC menjadi DC, agar dapat didistribusikan kedalam komponen elektronika yang berada dalam power supply tersebut. Power Supply terdiri dari dua jenis yang berbeda yaitu : Modular dan Non-Modular, kita akan bahas nanti soal ini.

Power Rating

Power Rating dalam power supply biasanya disebut dengan watt, kebanyakan user hanya melihat dari kode model saja, seperti contoh Corsair VX550W seperti gambar power supply diatas, banyak yang langsung menebaknya bahwa power supply tersebut 550watt.

550W ini dipecah menjadi beberapa rel berjalan pada tegangan yang berbeda: 3,3 V, +5 V, +12 V ( yang sering dibagi menjadi rel ganda ), -12V dan +5 VSB. Sejauh ini dalam system modern daya +12V paling penting, lalu diikuti daya 3,3 V / +5 V. +5 VSB. Daya 5V ( Stand By ) biasanya dipakai untuk menyalakan motherboard untuk stater mouse salal satu contohnya.

Efisiensi

Efisiensi merupakan faktor yang sangat penting untuk berpikir tentang ketika datang pasokan listrik. Ketika AC diubah menjadi DC, beberapa energi yang terbuang dan dirilis sebagai panas. Semakin efisien catu daya, kekuatan sedikit hilang sebagai panas.

Berikut contoh sederhana. Sebuah PSU 100W memerlukan daya AC ke 75W output daya DC. Ini berarti bahwa 25W sedang hilang sebagai panas. Dalam kasus ini, PSU akan dikatakan 75% efisien.

Mengapa Anda ingin catu daya efisien? Nah, alasan utama adalah sederhana, pasokan listrik yang lebih efisien, panas yang kurang menghasilkan. Panas sedikit menghasilkan, aliran udara kurang memaksa membutuhkan untuk tetap tenang. Aliran udara kurang berarti lebih sedikit noise, dan kurang kebisingan selalu hal yang baik.

Selain itu, pasokan lebih efisien daya listrik AC kurang membutuhkan untuk menyediakan listrik DC yang cukup, berarti konsumsi daya yang lebih rendah secara keseluruhan dari induk dan tagihan listrik yang lebih kecil. Bumi akan berterima kasih untuk itu, juga.

Konektor

Setiap power supply Anda membeli saat ini akan menggunakan konektor standar yang sama untuk berbagai komponen Anda akan menemukan di komputer Anda. Berikut adalah daftar konektor yang berbeda dengan gambar dan deskripsi singkat tentang apa yang digunakan untuk.

Molex

Hal ini sebagian besar dianggap sebagai “standar” konektor dari power supply Anda. Penggunaannya yang paling umum adalah awalnya untuk hard drive yang lebih tua. Namun, sekarang lebih sering digunakan sebagai konektor “wildcard“, apa pun cukup banyak yang dapat dihubungkan dengan menggunakan Molex, seperti kipas chassis.

Molex

PCIE konektor juga dapat diaktifkan dengan menggunakan 2 konektor Molex jika satu tidak tersedia dari PSU itu sendiri, dan Molex ke konektor power SATA juga cukup umum.

SATA
Konektor ini digunakan secara eksklusif untuk drive yang lebih baru SATA.

Sata

Konektor ini sangat tidak umum pada pasokan listrik yang lebih lama/tua, tetapi seperti yang disebutkan di atas adalah mungkin untuk mendapatkan kabel konverter.

Floppy
Seperti namanya, ini konektor power pada awalnya digunakan untuk daya floppy disk drive. Namun, meskipun floppy disk drive sekarang punah, itu masih sering digunakan untuk daya pembaca kartu internal.

Floppy

Anda juga dapat melihatnya digunakan sebagai konektor modular untuk “PSUs Pico” – sangat kecil, PSUs daya yang sangat rendah yang digunakan dalam mini-ITX komputer.

20 +4 Pin (Motherboard)
Ini adalah konektor yang menyediakan listrik ke motherboard itu sendiri serta kartu ekspansi. Kartu grafis menarik listrik dari konektor ini juga, tapi lebih sering daripada tidak tidak ada tempat cukup dekat, mengharuskan mereka untuk memiliki konektor kekuasaan mereka sendiri juga.

 20-+4-Pin-Motherboard

Hal ini disebut konektor 20 +4 pin karena empat pin (yang ditampilkan di sini di sebelah kiri) tidak selalu diperlukan, dengan motherboard hanya mengambil 20 pin. Ekstra 4 pin sering dibuat untuk dilepas.

4 +4 Pin (CPU)
Anda biasanya akan menemukan soket untuk konektor tepat di samping prosesor, dan ada alasan yang baik untuk itu – konektor ini menyediakan prosesor dengan semua jus yang dibutuhkan. Sampai baru-baru CPU yang diperlukan kekuatan yang paling keluar dari komponen apapun, meskipun baru-baru kartu grafis telah mengambil tempat pertama.

4-+4-Pin-CPU

Prosesor paling membutuhkan hanya satu dari empat konektor pin, tetapi beberapa motherboard menyediakan soket 8-pin, sehingga steker keduanya dalam dan akan mengambil apa yang dibutuhkan.

PCIe (6 +2 pin)
Konektor moyang terakhir, ini memberikan kekuatan untuk kartu grafis Anda. Baru-baru ini kartu grafis telah membutuhkan lebih banyak kekuatan dan lebih – GTX480 (kekuasaan tertinggi nVidia kartu grafis) dapat berlangsung hingga 250W dengan itu sendiri!.

PCIe-6-+2-pin

Kebutuhan yang paling umum sekarang adalah dua konektor 6 pin, tapi beberapa kartu memerlukan konektor dengan 8 pin (6 +2 maka untuk kompatibilitas). Seperti disebutkan sebelumnya, 2 konektor molex dapat dikonversi ke satu 6 pin konektor.

Kata Kunci Pencarian :

  • pengenalan power supply
  • tentang power supply
  • konektor yang digunakan untuk mengambil daya listrik untuk motherboard adalah
  • kabel yabg ada di corsair vs 450
  • cara sambung:konektor:suply
  • cara pasang soket kecil psu power supply di pin 12 mboard
  • cara pasang kabel power suplai ac
  • cara membaca pin pada power supply ac ke dc
  • cara baca modular ac
  • bagaimana memasang power supply 4 4 pin
Belum ada Komentar.

Tinggalkan Komentar

*
*
-

*