Elang Cyber Blog

Be Complete

Android Malware meningkat tiga kali lipat di Q2 2012

Author : » Date : 16 August 2012 » Category : Teknologi » Tags : , , , , , , » Views : 2234 kali

Q2-2012

Android Malware meningkat tiga kali lipat di  Q2 2012, siapapun yang menggunakan smartphone, tablet, atau komputer tahu bahwa ada banyak malware di luar sana dengan tujuan infiltrasi perangkat Anda dan mencuri informasi. Menurut perusahaan keamanan Kaspersky Labs jumlah malware di luar sana yang khusus ditujukan Android meningkat dengan jumlah yang signifikan di Q2 2012. Perusahaan ini melaporkan bahwa tingkat malware meningkat tiga kali lipat selama Q2.

Kaspersky melaporkan bahwa selama kuartal tiga bulan 14.900 program jahat baru yang menargetkan perangkat Android yang ditambahkan ke database-nya. Peningkatan besar dalam malware menunjukkan menurut perusahaan yang penulis virus semakin menargetkan perangkat mobile dengan program jahat mereka. Hal ini juga jelas menunjukkan bahwa semakin populernya Android sehingga target yang terus meningkat untuk programmer jahat.

Kaspersky melaporkan bahwa 49% dari file berbahaya ditambahkan ke database pada kuartal tersebut adalah multi-fungsi Trojan yang mencuri data dari telepon seperti nama kontak, alamat e-mail, dan nomor telepon. Trojan ini juga mampu men-download modul tambahan dari server yang dijalankan oleh programmer. Laporan perusahaan keamanan bahwa seperempat dari malware Android tertentu terdeteksi Trojan SMS.

Trojan SMS adalah program yang mencuri uang dari korban dengan mengirim pesan SMS ke nomor tingkat premi tanpa pengguna mengetahui. Program ini menjadi lebih luas dan telah terlihat di 47 negara yang berbeda sedangkan beberapa tahun yang lalu mereka terbatas pada negara-negara bekas Uni Soviet, Asia Tenggara, dan Cina. Salah satu statistik yang paling mengkhawatirkan adalah bahwa 18% dari ancaman Android terdeteksi pada kuartal tersebut sudah kembali pintu yang bisa memberikan pengguna yang jahat kontrol penuh atas perangkat yang terinfeksi. Program jenis ini digunakan untuk membangun botnet yang terdiri dari perangkat mobile. Trojan program Spy terdiri 2% dari malware ditemukan dan menurut Kaspersky, ini adalah yang paling mengancam pengguna. Ini semacam transfer data malware untuk memberikan akses pengguna berbahaya ke rekening bank.

sumber : 9hardware.

Belum ada Komentar.

Tinggalkan Komentar

*
*
-

*